Cara Jadi TikTok Seller, Syarat + Tips Sukses Penjualannya!

Bagaimana cara membuat akun TikTok seller, banyak dicari oleh mereka yang merupakan pengusaha atau ingin mencoba berbisnis online via media sosial ini. Seperti yang diketahui, TikTok memang menjadi situs jejaring sosial media untuk berbagi video yang paling populer selain YouTube.

Dengan penggunanya yang mencapai ratusan juta di seluruh dunia, tidak mengherankan jika banyak juga yang ingin meraup keuntungan di sini. Hal ini disambut baik oleh pihak TikTok dengan menyediakan TikTok seller. Selanjutnya, bisa mengkampanyekan atau mempromosikan produk kepada mereka yang menggunakannya.

Apa Itu TikTok Seller?

Apa-Pengertian-TikTok-Seller

relawanfilantropi.id –  Sebelum Anda berjualan, penting untuk mengetahui apa itu pengertian TikTok seller. Dilansir dari halaman TikTok, pengertian TikTok seller center, merupakan portal one stop workstation untuk para pelaku bisnis e-commerce yang ingin berbisnis lewat aplikasi TikTok.

Seperti halnya e-commerce yang lain, Anda dapat mengatur fitur yang ada di aplikasi ini untuk berjualan dan melakukan pembelian. Disini juga memberikan banyak fitur menarik yang bisa digunakan oleh para pelaku bisnis.

TikTok seller center memiliki berbagai fitur menarik yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, antara lain sebagai berikut:

  • Manajemen operasional toko online.
  • Melihat bagaimana pertumbuhan penjualan.
  • Analisa kinerja toko.
  • Pembaruan mengenai kebijakan.
  • Layanan serta keterlibatan pelanggan.

Jika dikelola dengan baik fitur-fitur di atas akan semakin membantu para pebisnis online meningkatkan produktivitas penjualan mereka. Keuntungan dapat diperoleh dengan lebih maksimal.

Perbedaan Antara TikTok Shop dan TikTok Seller Center

Perbedaan-Antara-TikTok-Shop-dan-TikTok-Seller-Center

TikTok Shop adalah platform e-commerce yang menyediakan berbagai produk dari penjual. Sementara itu, TikTok seller center merupakan tempat akun toko online Anda. Di sini, pengelolaan dan operasional manajemen toko dilakukan.

Sebagai media penjualan, TikTok shop memang mempunyai keunggulan. Di sini, Anda dapat menyematkan produk pada video yang dibuat. Setelah berhasil disematkan, maka akan tampil icon keranjang kuning di bawah video.

Apabila penonton tertarik untuk membeli, mereka dapat melakukannya dengan mudah dan cukup klik icon tersebut. Jadi, tanpa harus repot-repot lagi mengunjungi situs web marketplace.

 

Cara Membuat Akun TikTok Seller Center

Cara-Membuat-Akun-TikTok-Seller-Center

Supaya Anda dapat mengakses TikTok shop, maka terlebih dahulu bisa membuat toko online di seller center. Selanjutnya, Anda wajib mengunggah berkas dan melakukan verifikasi serta memasukkan nomor rekening bank.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui dan akan dijelaskan di bawah ini.

1. Membuat Toko

Ada yang ingin membuat toko online di TikTok seller, ada beberapa tahapan yang harus dilalui yaitu sebagai berikut:

  • Bukalah browser Anda dan akses link situs https://seller-id.TikTok.com/
  • Kemudian, Anda dapat melakukan proses pendaftaran sebagai penjual dengan akun TikTok. Selain itu, bisa juga mendaftar menggunakan nomor handphone dan alamat email.
  • Setelah sukses masuk ke TikTok seller center, berikutnya aturlah nama toko atau tempat penjemputan barang.
  • Input beberapa data mulai dari alamat lengkap, kode pos, dan kontak personal.
  • Aturlah juga tempat pengembalian barang dengan cara menambahkan alamat baru. Anda juga dapat memakai alamat sebelumnya dengan cara mencentang set as return address.
  • Checklist pada bagian Agree to The Relevant Terms and Conditions dan tap start your business.

2. Verifikasi Dokumen

Langkah berikutnya, Anda harus mengupload beberapa dokumen dan melakukan langkah verifikasi. Berikut ini panduannya:

  • Di halaman berAnda TikTok seller center, Anda bisa klik verify documents dan kemudian unggah dokumen.
  • Di kolom informasi penjual, pilih apa jenis bisnis yang didaftarkan pada TikTok seller center ini. Ada dua opsi yaitu milik perorangan atau perusahaan.
  • Anda harus memasukkan nama toko yang dikelola.
  • Jika menjalankan bisnis individu atau perorangan, dokumen yang harus diupload adalah lain KTP, paspor, atau SIM.
  • Jika Anda menjalankan perusahaan, bisa mengunggah beberapa dokumen, misalnya surat izin bisnis serta dokumentasi identifikasi yang diterbitkan pemerintah.
  • Setelah mengunggah dokumen-dokumen ini, bisa klik kirim atau send.
  • Lalu, akun Anda akan ditinjau terlebih dahulu oleh TikTok jika sudah mengirimkan dokumen.
  • Jika gagal pada proses peninjauan ini atau tidak memenuhi kriteria Anda juga akan menerima pemberitahuan tentang bagaimana cara kirim ulang dokumen.

3. Membuat Nomor Rekening

Langkah berikutnya untuk mendaftar TikTok seller center yaitu menghubungkan nomor rekening bank Anda ke toko online. Langkah ini harus dilakukan supaya Anda dapat melakukan transaksi. Berikut ini panduannya:

  • Saat ada di beranda TikTok seller center, klik tautan rekening bank.
  • Setelah sukses masuk, bisa klik tautkan akun.
  • Masukkanlah sejumlah informasi mulai dari nama rekening, nomor rekening, nama bank, alamat lengkap, nomor handphone, dan lain-lain.
  • Jika toko Anda merupakan bisnis perorangan, nama akun harus sama dengan nama rekening yang telah terdaftar.
  • Jika toko Anda merupakan bisnis perusahaan, namanya harus sesuai dengan nama rekening perusahaan yang didaftarkan.
  • Lengkapilah beberapa kolom yang harus diisi dan setelah dipastikan data-datanya benar, maka klik send atau kirim.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, maka selanjutnya bisa mengakses TikTok seller center dan bisa bersiap berjualan. Anda dapat menambahkan produk yang ingin dijual lewat kegiatan promosi via video TikTok ini.

Tips Promosi di TikTok Seller Center Supaya Jualan Makin Laris

Tips-Promosi-di-TikTok-Seller-Center-Supaya-Jualan-Makin-Laris

 

Supaya promosi produk Anda laku di TikTok seller center, ada beberapa tips promosi yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:

1. Memakai Fitur TikTok ads

TikTok menyediakan fitur iklan atau ads untuk mereka yang berjualan di aplikasi ini. Ada beberapa tipe iklan yang bisa dipilih antara lain:

  • Brand Take Over. Di opsi ini, iklan akan muncul ketika Anda baru saja membuka aplikasi dan tampilannya akan memenuhi layar.
  • In Feed video. Pada jenis iklan ini akan muncul di fyp ketika sudah scroll 2 sampai 3 video. Jenis iklan ini bisa diberikan like atau dikomentari.
  • Branded AR Content. Pada iklan ini memakai filter atau stiker 2D/3D/AR menggunakan brand bisnis Anda sendiri.
  • Hashtag Challenge. Dengan hastag challenge ini bertujuan untuk mengajak audiens berpartisipasi dengan hashtag ini ketika membuat video.

2. Membuat Konten Berkualitas Untuk Promosi

Saat Anda ingin berjualan online apalagi di sosial media, konten promosi adalah hal yang penting. Oleh karena itu, buatlah konten yang berkualitas untuk semakin menjaring minat penonton membeli produk Anda.

3. Bekerjasama Dengan Influencer

Agar produk Anda semakin lebih cepat dikenal masyarakat, ada baiknya juga menggunakan jasa influencer. Dengan kemampuan dan kreativitas yang dimiliki mereka, serta follower yang jumlahnya banyak, maka produk lebih cepat diketahui khalayak dan potensi penjualan semakin besar.

TikTok seller center menjadi media yang sangat bagus untuk mempromosikan produk Anda secara online. Oleh karena itu, manfaatkan dengan baik dan maksimalkan untuk memperoleh profit besar. Buat konten menarik dan berkualitas supaya muncul di fyp.

 

Baca Juga :